Wednesday, July 21, 2004

Japanese Story (2003)

Starring: Toni Collette, Gotaro Tsunashima, Matthew Dyktynski
Directed by: Sue Brooks
 
"Japanese Story" adalah drama romantis yang lezat.  Sebuah alternatif dari romantisme versi Hollywood, dan sebuah perjalanan yang menyenangkan dalam satu sisi emosi manusia. Cinta.
 
Sandy (Collette) dan Tachibana Hiromitsu (Tsunashima) adalah dua orang asing yang benar-benar terasing yang harus bersama-sama ketika Sandy ditugaskan untuk menjadi guide Hiromitsu untuk melakukan survei terhadap perusahaan penambangan milik ayahnya di sepanjang gurun Australia. Penyatuan dua manusia yang berbeda akar budaya membuat masing-masing melihat yang lain melalui lensa stereotip sempit yang kemudian malah justru menghalangi kompleksitas dan potensi masing-masing.
 
"Japanese Story" adalah satu lagi contoh culture-clash yang ditampilkan dan dieksploitasi oleh media film. Perhatikan bagaimana di awal-awal cerita Hiromitsu bercerita ke kolega-nya mengenai apa dan bagaimana Sandy menurut dia (which of course, very inacurate) di depan Sandy sendiri yang praktis tidak paham sedikitpun karena Hiromitsu bercerita dengan memakai bahasa ibunya (Jepang).
 
But then, you'll know where the story shall lead you. Ketika Sandy dan Hiromitsu berada di sebuah situasi yang sulit, timbullah percikan asmara di antara mereka berdua. Sue Brooks menggambarkan percikan ini juga melalui sebuah dialog unik mengenai beda antara  'Dessert' dan 'Desert' dan permainan mata antara kedua tokoh ini sampai pada adegan intim yang pelan, tak banyak berkata, dan to-the-point-I-M-O.
 
Cerita kemudian berbelok tajam. Dan dari sinilah, kualitas Collette sebagai aktris sangat luar biasa ketika dia digambarkan sebagai seorang yang sinis (terhadap Hiromitsu), berbunga-bunga sampai ke kesimpulan yang ditampilkan di akhir film. Di sini, kita bisa lihat esensi "Japanese Story" sebagai eksplorasi terhadap perasaan manusia yang ditimbulkan oleh sebuah emosi bernama Cinta. It's a nice one.
 
'Japanese story'

 
Rating: *** / **** - Lagi bahagia, nonton film, akhir-akhir ini bagus semua. 2001: A Space Odyssey, Elizabeth, Girl with a Pearl Earring, sekarang Japanese Story. More reviews to come.