Tuesday, September 21, 2004

The Perfect Score (2004)

Starring: Erika Christensen, Scarlett Johansson, Leonardo Lam, Chris Evans, Darius Miles, Bryan Greenberg
Directed by: Brian Robbins

Enam muda-mudi, latar belakang berbeda, dan (kepentingan film) politically correct kalo diliat dari ras dan gender (two girls, four guys, Asian, Kaukasian, Afro-American) memiliki masalah yang sama.. SAT (semacam UMPTN kalau di Indonesia).

Anna (Christensen) adalah gadis cerdas dengan GPA 4.0 tapi dia punya "stereotipical problem" yang suka membuat dia meninggalkan kertas kosong di sebuah ujian, atau karena ekspektasi berlebih dari orang-orang disekelilingnya yang membuatnya jengah.

Kyle (Evans) memiliki cita-cita sebagai seorang arsitek dan ingin melanjutkan kuliah ke Cornell, tapi nilai SAT-nya tidak mencukupi.

Matty (Greenberg) harus masuk ke Universitas Maryland untuk bersatu kembali dengan pacar-nya.

Desmond (Miles), atlet basket yang harus masuk universitas (instead of NBA) demi memenuhi keinginan ibunda-nya.

Roy (Lam), a natural screen-stealer, a stoner which happen to be there, hitch-a-ride the heist journey.

Terakhir, Fransesca (Johansson) yang harus ikut karena ayahnya adalah sang pemilik kantor yang menjadi target tindakan mereka. And hell, she says it's been fun in the end.

Ber-enam mereka merencanakan aksi yang at-best untuk hanya menjadi konsumsi film saja yaitu masuk ke kantor tempat jawaban tes SAT disimpan, mengkopi jawaban yang benar dan menggunakannya dalam tes SAT untuk memperoleh hasil yang maksimal supaya bisa tercapai apa yang mereka cita-citakan.

It was a lame story to begin with, and yet another lame way to end it, with 'heavy' 'morale' stuff "Dont do drugs!", "Dont cheat!" weighing in one end and none in the department of quality and remembrance in the other end to provide the balance. Film-nya menyenangkan sebenarnya kalo dilihat sebagai hiburan teen-flick semata tapi yah, cukup sampai di situ saja.

Brian Robbins (Varsity Blues) juga tampak paham betul mengenai keterbatasan plot untuk dikembangkan sehingga dia mengembangkannya dengan faktor fun setinggi mungkin yang justru malah menjebak para pemainnya apakah lantas berkonsentrasi pada film komedi (seperti yang diindikasikan oleh main-plot-nya) atau justru ke drama yang menuntut mereka memainkan chemistry antar karakter yang mereka perankan.

Plotnya sendiri cukup banyak meninggalkan lubang yang bahkan kontradiktif antara satu sama lainnya (contoh, satu adegan ketika para remaja ini mengendap-endap di bawah kamera lobi sementara berapa puluh menit kemudian Fransesca dan Matty mengobrol dengan santainya di lobi yang sama. So what's the point of being sneaking around in the previous scene?. Plot-holes sendiri sebenernya forgivable enough apabila konteksnya berada di film komedi gila-gilaan, tapi apakah film ini merupakan satu dari komedi gila-gilaan? reviewer anda di sini menggeleng-gelenggan kepala.

Aktor dan aktrisnya sendiri jauh dari memuaskan. Erika Christensen, untung dia cantik jadinya bisa dimaafkan. Leonardo Lam, is he being stupid because he is stupid or does he has to be stupid? well, either way he was a natural-scene-stealer. Darius Miles is more like an athlete than an actor and it was pretty obvious why does he has to stop pursuing his career as an actor and concentrate on the NBA instead. Duo aktor yang menjadi mastermind di film ini juga cuma numpang lewat saja. Charming, tapi tidak memorable.

That leaves me with Scarlett Johansson. Sejak "Lost In Translation", I already fallen in love with this girl. Ditambah performanya yang mengaguman saya di "Girl with a Pearl Earring", aktris ini menjadi satu dari aktris muda favorit saya. Di film ini dia tampil selayaknya oli buat mesin karatan, she kept the movie rolling but cant help to give a more decent quality to the movie.

Satu lagi, sudah saya sebutkan kalo film ini produksi MTV? karena demikian, film ini tidak akan pernah sepi dengan musik-musik pop yang justru seingkali membuat saya tidak betah nonton sebuah film.



Rating: * / **** - Erika Christensen, and Scarlett Johansson gave the * to the rating of this movie.