Friday, January 28, 2005

Oscar Nominations

Finally, the nominations announced. Berikut nominasinya, walau hanya beberapa yang gw anggap interest terbaik.

Best Picture
The Aviator
Finding Neverland
Million Dollar Baby
Ray
Sideways

Actor In A Leading Role
Don Cheadle, Hotel Rwanda
Johnny Depp, Finding Neverland
Leonardo DiCaprio, The Aviator
Clint Eastwood, Million Dollar Baby
Jamie Foxx, Ray

Actress In A Leading Role
Annette Bening, Being Julia
Catalina Sandino Moreno, Maria Full of Grace
Imelda Staunton, Vera Drake
Hilary Swank, Million Dollar Baby
Kate Winslet, Eternal Sunshine of the Spotless Mind

Actor In A Supporting Role
Alan Alda, The Aviator
Thomas Haden Church, Sideways
Jamie Foxx, Collateral
Morgan Freeman, Million Dollar Baby
Clive Owen, Closer

Actress In A Supporting Role
Cate Blanchett, The Aviator
Laura Linney, Kinsey
Virginia Madsen, Sideways
Sophie Okonedo, Hotel Rwanda
Natalie Portman, Closer

Directing
Martin Scorsese, The Aviator
Clint Eastwood, Million Dollar Baby
Taylor Hackford, Ray
Alexander Payne, Sideways
Mike Leigh, Vera Drake

Lima tahun terakhir kita menyaksikan perebutan Best Picture Oscar secara 'biasa'. Dalam artian pemenangnya sudah bisa ditentukan jauh-jauh hari. Tahun lalu, siapa sih yang ngejagoin "The Lord of the Rings: The Return of the King"?. Dua tahun lalu, meskipun banyak yang ndak setuju, siapa pula yang tidak menjagoin "Chicago"? soalnya sudah nyaris udah jadi rahasia publik kalau film musikal selalu jadi favorit. Say, "Moulin Rouge", atau "The Sound of Music", atau "Gigi". Tahun ini, mungkin sejak 1999 ada perlombaan yang cukup ketat. Di tahun 1999, gw masih ingat menjadi pembenci Gwyneth Paltrow - yang juga menang Best Actress - ketika film yang dibintanginya, "Shakespeare In Love" mendapat Oscar Best Picture mengalahkan film-film macam, "Saving Private Ryan" dan "Shawshank Redemption". Perlu diketahui, "Shawshank Redemption" juga adalah salah satu dari sepuluh besar film terbaik sepanjang masa buat gw.

Tahun ini, "The Aviator" meskipun menang Golden Globe perlu mewaspadai "Sideways" yang juga menang Golden Globe untuk komedi. Kerugiannya, cuma sembilan film komedi yang berhasil memboyong Oscar sejak tahun 1934. Dan ditambah pula "The Aviator" adalah satu-satunya film epik tahun ini yang masuk nominasi. Dan Film Epik selalu jadi favorit. "Lord of the Rings"? anyone? nod. nod. Pasar taruhan di London - yang selalu mempertaruhkan hampir segalanya - juga menjagokan "The Aviator".

Untuk aktor terbaik, gw rasa Jamie Foxx bakalan out-perform Leonardo DiCaprio meskipun keduanya menang Golden Globe untuk drama dan komedi, respectively. Out of my respect to DiCaprio, i personally thought that he's no better than a child actor. Therefore, nowhere near as good as Foxx.

Aktris terbaik, Hillary Swank. Gw rasa hampir pasti. Tahun lalu, Charlize Theron menang lewat "Monster" lewat performanya yang tidak feminin. Tahun ini, gw rasa Hillary Swank (yang jadi petinju di "Million Dollar Baby" bakal mengikuti jejaknya dan mendapat pengakuan yang sama seperti yang didapat Theron tahun lalu). Dan yes, Kate Winslet masuk nominasi best actress pula lewat my favourite film of the year 2004 thus far, "Eternal Sunshine of the Spotless Mind". Pasar taruhan London, however menjagokan Annette Benning.

Untuk supporting role Actors, meskipun Jamie Foxx juga dinominasiin buat jadi pemenang lewat "Collateral", opini publik ditambah penghargaan Golden Globe gw rasa membuat Clive Owen ("Closer") bisa pulang dengan Oscar di tangan. Gw sendiri belum nonton, jadi ndak bisa komen macem-macem. Untuk Actress, gw rasa tak perlu diperdebatkan lagi. Satu-satunya aktris favorit gw, yang gw suka karena kualitas aktingnya bukan karena kualitas fisik atau putusnya saraf malu mereka. Yes, Cate Blanchett. Natalie Portman memang menang Golden Globe dan tampil berani di "Closer". Tapi, gw ga rela kalo aktris favorit gw, Cate Blanchett dilangkahi untuk ketiga kalinya di ajang ini (that son-of-a-**** Gwyneth Paltrow took her Oscar back in 1999).

Best Director. Jelas Martin Scorcese. Mungkin sebagai sutradara pemegang rekor sebagai sutradara yang selalu diremehkan di ajang Oscar. Tahun 1974 "Mean Street" tidak dapat nominasi sama sekali. Tahun 1976, "Taxi Driver" cuma nominasi, kalah sama "Rocky". Tahun 1980, "Raging Bull" (belum nonton) dapat nominasi best picture dan best director tapi kalah sama Robert Redford dan "Ordinary People". 1988, "The Last Temptation of Christ" (belum dan ndak mau nonton) kalah sama Barry Levinson, "Rain Man" yang emang bagus. Tahun 1990, "Goodfellas" (buat gw, film mafia terbaik setelah "Godfather part.II") nominasi best picture dan best director tapi kalah sama Kevin Costner dan "Dances with Wolves". Dan tahun 2003, film terbaik buat gw di sepanjang tahun 2002 "Gangs of New York" dapet nominasi best picture dan best director tapi kalah oleh Roman Polanski dari "The Pianist" yang gw ga tertarik buat tonton dan "Chicago". Gw rasa, dan kalau gw jadi orang yang mengontrol penghargaan Academy, gw bakal memerintahkan supaya Martin Scorcese menang Oscar untuk Best Director.

Penyerahan nominasi diberikan pada tanggal 27 Februari.