Tuesday, June 15, 2004

Chaos (2003)

Starring: Masato Hagiwara, Miki Nakatani, Ken Mitsuishi, Jun Kunimura
Directed By: Hideo Nakata (the same man who brought you 'The Ring')

Pertama kali saya berharap kalau film ini bergenre horor. Horor asia timur selalu menjadi favorit saya. Selain karena hantunya biasanya cantik, ceritanya juga lebih dekat dan lebih tidak umum dari pada horor-horor buatan Hollywood. Apakah saya benar atau tidak? read on.

Dikutip dari sini:
chaos: \Cha"os\(k[=a]"[o^]s)
Any confused or disordered collection or state of things; a confused mixture; confusion; disorder. [1913 Webster]

Secara singkat, film ini bisa digambarkan dan diwakilkan oleh kata-kata di atas.

Tomiyama (Mitsuishi) adalah seorang pengusaha di Tokyo. Ketika ia membayar tagihan dalam sebuah sesi makan siang dengan istrinya, Sayori (Nakatani), ia mendapati istrinya sudah tidak kelihatan. Berasumsi bahwa istrinya pergi pulang terlebih dahulu, ia melanjutkan aktifitas kesehariannya sebagai bos. Dan kemudian, later that day, dia ditelpon oleh seseorang yang mengaku telah menculik istrinya dan meminta tebusan senilai 30 juta yen.

Hanya itu yang bisa saya ceritakan mengenai plot utama dari film ini. Namun sesuai dengan definisi chaos yang saya angkat di atas, film ini kemudian memiliki twist dalam plot-nya yang kemudian memiliki twist lagi di dalamnya (twist within twist within yet more twists). Dan apa yang saya ceritakan di paragraf sebelumnya hanya sebagian kecil saja dari keseluruhan plot di film ini.

Cerita yang menurut saya original, film ini dituturkan dengan banyak mencaplok elemen dari banyak genre film sebelumnya. Narasi non-linear (Quentinian), methodical pacing yang agak-agak memaksa penonton untuk keep-tracking of the movie timeline.

Yet another thriller of the evening (after Out of Time), meski ditutup dengan adegan yang menurut saya agak aneh dan perlu interpretasi yang lebih lanjut tentang karakter yang terlibat di adegan terakhir tersebut, cukup layak untuk dinikmati.

cover

And behold, Chaos seperti The Ring juga akan diadaptasi oleh sineas Hollywood, dengan jadwal rilis tahun ini (2004).

Rating: **1/2 / **** - Twists within Twists of yet within another Twists.