Friday, June 18, 2004

Rec (2000)

Starring: Kang Seong-min, Jeong Min, Lee Young-ho, Bae Jun-hyung
Directed By: Kim ki-hun

My 62nd review, and the very first one to achieve zero rating.

Mungkin kalau saya disuruh untuk menyebut genre film apa sih yang saya paling tidak suka? saya akan menyebut sub-genre 'Slash-Thriller'. Apa sih sub-genre 'Slash-Thriller' itu? Sub-genre 'Slash-Thriller' atau sering juga disamakan dengan sub-genre 'Slash-Horror' adalah film-film dari genre horor / thriller yang secara garis besar melibatkan seorang pembunuh yang memakai senjata tajam. Target pembunuhannya biasanya remaja (16-18 tahun) baik ada motif (Scream, I Know what You did Last Summer) ataupun tidak sama sekali (Freddy vs Jason) dan suka banget untuk mengeksploitasi fisik para remaja tersebut dan hubungan muda-mudi mereka. Oh iya, jangan lupa tendensi untuk menuju sekuel dan musik keras yang mengiringi film-nya.

Film ini jatuh di genre tersebut. Tidak ada yang baru di plot ceritanya. Sekelompok muda-mudi pergi berlibur. Dengan niatan iseng mereka menakut-nakuti salah satu temannya yang berakibat agak fatal dengan 'terbunuh'-nya teman mereka tersebut. Sepakat untuk tidak pernah membawa kejadian ini ke permukaan, mereka menjalani kehidupan mereka masing-masing sampai akhirnya setahun setelah kejadian tersebut, datang seorang peneror melalui "http://www.nmate.com" dan kemudian mulailah perjuangan para muda-mudi itu untuk tidak terbunuh.

Plot yang jauh dari original, karena sudah banyak dieksploitasi sebelumnya. Kualitas akting yang pas-pasan. Adegan konyol: Ketika seorang gadis berlari dari kejaran si pembunuh, dia berlari seakan-akan lebih takut terpeleset dari pada ditangkap dan dicincang si pembunuh. Illogical plot-holes. Adegan-adegan yang dipaksakan untuk memberikan thrill tapi ujung-ujungnya malah gagal berkolerasi logis dengan adegan berikutnya. Too many why? how? what? yang menunjukkan betapa buruknya screen-play dari film ini. Musik rock yang tidak pada tempatnya (mungkin maksudnya ingin memberikan nuansa thrill tapi malah terkesan mengganggu). Dan yang terakhir, yang paling mengesalkan, puncak dari segala keburukan film ini adalah ending yang termasuk dari salah satu beware-of-the-sequel-ending.



Rating: 0 / **** - Yes, it's 0 as a zero. I still wonder myself why i spare 90 minutes to watch this movie.